PERAN PELAJAR DALAM ATASI WABAH VIRUS COVID 19 SERTA DAMPAK COVID 19 Oleh Nur Hidayati (Siswi SMK Al Hikmah Prodi Akuntansi)


Pandemik  Corona dimulai dari negara Wuhan-China pada akhir tahun 2019. Wuhan telah di tetapkan sebagai pusat episentrum Corona. Penyebaran corona sangatlah cepat, dan virus ini bisa menyebabkan kematian.
Virus Corona atau yang lebih dikenalnya Covid-19 jauh lebih dasyat dari virus Mars,Sars bahkan flu Spanyol bahkan obat virus ini sampai saat ini belum di temukan walaupun sampai saat ini para peneliti dan ilmuwan masih mencari untuk menemukan obat covid-19.
Virus Corona masuk ke Indonesia pada periode awal bulan Maret 2020, saat itu 2 warga Indonesia yg berdomisili di kota Depok menjalin kontak dengan warga negara Jepang dan sebelum itu mereka ketemu di rumah makan daerah kemang-Jakarta Selatan yg akhirnya wilayah jakarta selatan menjadi pusat episentrum penyebaran covid-19. Sudah dapat kita ketahui asal usul virus ini bermula. Lantas .....? 
Bagaimana Peran Pelajar Memutuskan Mata Rantai Penyebaran Covid-19.

Pemutusan penyebaran covid 19 bukan hanya tugas para tenaga medis. Kita sebagai pelajar juga memiliki peran agar penyebaran covid tidak semakin meluas. Pelajar yang baik adalah belajar dirumah, apalagi sudah ada himbauan dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah untuk belajar drumah.
Belajar dirumah bukan libur yg hanya bermain, nongkrong,bahkan jalan jalan. Tujuan pemerintah menghimbau kita untuk belajar dirumah agar secara mudah dan cepat memutus mata rantai penyebaran covid. saat ini peran kita sangat dibutuhkan baik itu pelajar, pekerja, mahasiswa, buruh bahkan tenaga medis yg merupakan garda terdepan jika kita analogikan para tenaga medis merupakan tameng dari benteng kita, dan kita wajib merawat tameng tersebut agar semakin kokoh syaratnya kita berada dirumah untuk segala aktifitas kita, saatnya kita bergotong royong membantu tenaga medis dengan cara dirumah aja.
Dampak Virus Covid 19 Bagi Pelajar

Sudah sama sama kita ketaui bahwa penyebaran covid 19 ini sangat meresahkan warga masyarakat Indonesia. Terutama para pelajar siswa/i dan mahasiswa/i kami terpaksa harus melalukan belajar online atau home learning atau daring. Bahkan Ujian Nasional terpaksa harus ditiadakan. Sama hal nya dengan Ulangan tengah semeseter yang harus dibatalkan dan melaksanakan Ulangan Akhir Semester lewat online. 
Dapat kita lihat diluar sana banyak pelajar yang mengeluh karena banyak tugas tugas yang harus dikerjakan. Belajar tanpa dibimbing langsung yang biasanya aktif bertanya disekolah, diskusi dengan teman. Sekarang tidak lagi mereka harus berusaha sendiri menemukan jawaban dari setiap persoalan dan pertanyaan.alhasil banyak yang tidak mengerti dan hanya copy paste materi dari internet.tidak sepenuh nya salah, tugas diberikan untuk memberikan nilai. Sudah seharusnya sebagai pelajar memegang peran ini dengan baik tetap belajar dirumah. Ini dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid 19. 
Dan sudah seharusnya menaati kebijakan yang berlaku. Memang sulit tapi tidak ada pilihan. Selain tetap dirumah aja.Namun tidak semua siswa bisa melaksanakan pembelajaran online ada banyak kendala. Tapi sebisa mungkin pemerintah sudah berusaha untuk membantu dengan menyediakan pembelajaran melalui media televisi bagi yang tidak mempunyai android tab dan semacam nya agar mereka masih tetap bisa belajar dirumah. Meskipun mungkin ada beberapa materi yang belum tercantum dalam kurikulum pembelajaran di sekolah masing masing. Untuk itu gunakan waktu sebaik baik nya untuk terus produktif dirumah. 
Berikut adalah sedikit tips bagi yang bosan belajar dirumah, dirumah saat di terapkan PSBB:

1.Nonton Tv

2.Mendengarkan musik

3.Nonton youtube

4.Menulis

5.Baca wattpad / novel.

6 Memasak


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar